Sabtu, 12 Desember 2015

5 JENIS KUE DI PASAR KUE SUBUH SENEN

Hai sobat jajan! Seperti biasa saya akan ajak kamu untuk hunting-hunting makanan beken. 
Kalau biasanya Jajan Beken eksis di cafe-cafe atau restoran kece tapi kali ini Jajan Beken mainnya di pasar. Dari semua kue-kue yang ada di sini kira-kira bisa dikelompokkan menjadi 5 jenis kue.


Pernah denger kan Pasar Kue Subuh? Nah di Jakarta pasar kue subuh itu ada di Pasar Senen dan Blok M, kemudian ada satu lagi di Bintaro. Dan di artikel ini Jajan Beken bakal ajak kamu untuk keliling ke "Pasar Kue Subuh Senen".




Akhir-akhir ini banyak aneka macam dessert dan cemilan beken mancanegara yang bermunculan dengan berbagai bentuk dan ukuran seperti Churros, Red Velvet, Creme Brulee, Molten Cake, Pretzel, Taiyaki dan masih banyak lagi. 




Dari semua yang Jajan Beken sebutkan tadi pasti sobat jajan pernah makan atau tahu yang mana kuenya. Lalu bagaimana dengan jajanan pasar yang kita miliki? Kemana perginya? Nah untuk itu saya akan ajak sobat jajan untuk menengok kembali ke akar tradisi kita yaitu "jajanan pasar atau kue tradisional".




Dan tempat yang memungkinkan untuk kita bisa bertemu langsung dengan aneka macam kue tradisional itu ya di Pasar Kue Subuh Senen. Aneka kue di sini bermacam-macam, di artikel ini Jajan Beken ingin memperkenalkan 5 jenis kue yang ada di pasar kue subuh senen. Yuk ikutin cerita seru Jajan Beken edisi pasar kue subuh berikut ini.



1. JAJANAN PASAR

Waktu itu malam menunjukkan pukul 21.30 PM dan saya sudah tiba di lokasi dengan bantuan Gojek. Lokasi pasar kuenya gampang banget ditemukan karena berada tepat di halaman parkir Pasar Proyek Senen. Kalau naik Trans Jakarta bisa turun di halte senen dan lokasinya sudah di depan mata.


Ini dia jajanan pasar atau kue tradisional. Sangat bervariasi bentuk dan warnanya dan bikin laper


Masuk ke dalam pasar saya sudah langsung disambut dengan hamparan kue-kue yang tersebar di atas meja-meja lapak milik para pedagang. Di sini kita bisa langsung memilih kue bahkan bisa mencicipi. 


Bika Ambon (IDR 1,5K/pcs)


Sayup-sayup terdengar dari kejauhan ada pembeli yang ditawari untuk mencicipi kue, "Cobain aja bu nggak apa-apa karena kita bikin kuenya ribuan". Wooow ribuan kue, pantas di sini harganya miring dan bisa ditawar.


Bolen pisang (IDR 1,5K/pcs).


Kue Sus (IDR 1,5K/pcs).


Sambil berkeliling sayapun sempat bertanya pada salah satu pedagang bolu kukus, "Bu pasar ini bukanya dari jam berapa ya?", kemudian beliau menjawab "Bukanya dari jam 6 sore sampai jam 7 pagi mas, tapi kalau jam 6 sore kuenya belum lengkap".

Wah ternyata pasar kue subuh senen sudah mulai beroperasi dari jam 6 sore sobat jajan pantas pas saya datang ke sini jam 9.30 malam sudah ramai.


Bolu Kukus (IDR 25K/kotak).


Bolu Kukus.


Kue Moho/Bolu Kukus (IDR 2K/pcs).

Meskipun diserbu deserts beken nan kece di luar sana tapi pasar kue subuh tetap bertahan dengan kue-kue tradisionalnya. Memang pembeli pasar kue subuh ini sedikit berbeda, kebanyakan mereka membeli dalam jumlah banyak untuk dijual lagi atau untuk keperluan pesta. Namun demikian sobat jajan juga bisa membeli dalam jumlah sedikit bahkan satuan.


Bolu Kukus Coklat (IDR 2K/pcs).


Bolu Kukus Taro (IDR 2K/pcs).


Bolu Kukus Ubi (IDR 2K/pcs).


Bolu Kukus Kartun (IDR 5K).


Bolu Ketan Hitam (IDR 3,5K/pcs).



2. MINI CAKE

Mini cake ini sama seperti kue-kue lainnya hanya saja ukurannya kecil-kecil. Umumnya adalah kue tart mini atau bolu gulung mini.





Kenapa dibuat mini karena biasanya disajikan untuk acara pesta dan banyak juga pembeli yang memesan dalam bentuk parsel.






Mini Cake (IDR 20K/box).


Bolu Kukus Mini (IDR 25K/box).


Biasanya kue-kue mini ini tidak dijual satuan melainkan satu box.
*hayoo pasti lagi mupeng!







Mini Cake Parcel (IDR 35,50,60/set).



3. KUE TART

Pasar Senen juga surganya kue-kue tart. Bingung mau cari kue tart dengan harga miring, pasar kue senen jawabannya.


Black Forrest (IDR 40K).


Mini Tart Cake.


Mini Tart Cake.



4. KUE BASAH

Kue basah juga gampang banget ditemukan di sini. Harganya murah banget bikin pewe jajan di sini.


Aneka Hun Kue (IDR 0,6K/pcs).


Kue Lapis (IDR 0,6K/pcs).



5. ROTI BUAYA

Sambil menelusuri tiap sudut pasar kue senen ada sebuah pemandangan yang berbeda diantara kue-kue lainnya. Sebuah kue berukuran besar yang digantung rapi dalam sebuah bungkusan parsel yang  ternyata adalah roti buaya.




Roti Buaya, roti beken dari Betawi. Roti yang sering dijadikan hantaran pernikahan masyarkat Betawi sebagai sebuah simbol kesetiaan, konon katanya buaya hanya kawin sekali seumur hidupnya.

Terus kapan Jajan Beken ngasih roti buaya? *Baper




Biasanya roti buaya dijual sepasang cowo sama cewe. 
Bedainnya gimana? Yang cowo ukurannya lebih besar dari yang cewe.


Roti Buaya (IDR 180K/pasang).


Isi roti buaya itu coklat sama coklat keju. Tips untuk memilih roti buaya yang baik itu saat di tekan perlahan teksturnya empuk alias nggak keras berarti rotinya masih fresh. 


Roti Buaya kecil (IDR 2K/pcs).


Nah sobat jajan itu tadi 5 jenis kue yang ada di pasar kue subuh senen. Terbukti kan kalau jajanan pasar atau kue tradisional kita nggak kalah bersaing dengan desserts beken lainnya. Buktinya usaha lapak mereka yang telah berlangsung sejak 1983 masih bertahan sampai sekarang dan jumlah pedagangnya mencapai lebih dari 600 pedagang.

Makanya yuk kita ikut lestarikan jajanan pasar alias kue tradisional Indonesia, jangan cuma kenal desserts kece aja.

Dan ini oleh-oleh Jajan Beken buat kamu.
*Bagi-bagi yaaa..! 


Hasil buruan jajanan pasar malam itu.



Sampai di sini dulu ya cerita jajannya, kalau mau info update lainnya? Yuk follow Jajan Beken di:

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

RATING
Ambience : Market style
Taste : Average to Good
Service : Good


FACILITIES
Delivery : Negotiable
Valet : No
Parking : Yes, integrated with pasar senen
Toilet : Yes, integrated with pasar senen


CONTACT
Address : Pasar Proyek Senen
Jl. Let. Jend. Suprapto-Kramat Bunder, Senen, Jakarta Pusat 10410


INFORMATION 
Open hour : 6 PM - 7 AM
Price : (Starts from IDR 0,5K)
Payment method : Cash


MAP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar